Pengalaman Memperpanjang SIM Jakarta dengan KTP Tangerang Selatan

Cerita dimulai ketika saya menyadari kalau SIM A saya tidak lama lagi akan habis masa berlakunya. Masalahnya, SIM A saya sebelumnya dibuat dengan KTP Jakarta Pusat, sementara saat ini saya sudah pindah dan memiliki KTP Tangerang Selatan.

Saya lalu browsing untuk mendapatkan informasi, apakah untuk memperpanjang SIM Jakarta menggunakan KTP Tangerang Selatan harus mutasi atau bisa langsung diperpanjang ? Setelah sekian lama browsing, saya tidak mendapatkan informasi yang dibutuhkan. Saya coba telp ke beberapa no SATPAS SIM baik di Jakarta maupun Tangerang, tidak ada satupun yang berhasil. Akhirnya saya mencoba bertanya ke salah satu Biro Jasa SIM di BSD. Menurut penjelasan biro jasa tersebut, harus mutasi dulu dari Jakarta ke Tangerang Selatan, baru setelah itu diproses perpanjangan di Tangerang Selatan.

Berbekal informasi tersebut, hari Sabtu pagi saya berangkat ke SATPAS Daan Mogot dengan niat untuk proses mutasi. Setibanya di Satpas, saya diarahkan ke Ruang Arsip di Lantai 2. Sesampainya di sana, saya dibantu oleh seorang Bapak yang baik hati, dan ternyata beliau memberi tahu bahwa perpanjangan bisa langsung dilakukan tanpa harus mutasi !

Tanpa membuang waktu, saya langsung ngantri untuk proses perpanjangangan. Singkatnya, proses perpanjangannya sebagai berikut:

  1. Daftar ke loket Pemeriksaan Kesehatan, bayar Rp. 25.000
  2. Periksa kesehatan (mata)
  3. Bayar biaya perpanjangan ke BRI di dalam gedung Satpas Rp. 80.000
  4. Daftar asuransi, bayar Rp. 30.000
  5. Isi formulir
  6. Foto
  7. Ambil SIM

Sabtu siang saya sudah menyelesaikan perpanjangan SIM dengan total biaya Rp. 135.000, tanpa harus mutasi. Dengan SIM A baru beralamat Tangerang Selatang, saya pulang dengan senyum. Terima kasih Satpas Daan Mogot.

No related posts.

You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Leave a Reply

*

Switch to our mobile site